IMM Gelorakan Semangat Dakwah Digital


 
GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Jakarta Timur sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Dakwah Digital bertajuk “Islam Berkemajuan dan Digitalisasi Dakwah” pada Sabtu s.d. Ahad, 10 s.d. 11 Agustus 2024. Workshop ini diadakan di Masjid Darul Ulum Lantai 3 dan dihadiri oleh 8 orang peserta yang merupakan kader IMM di wilayah Jakarta Timur.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kepentingan dakwah. Melalui tema "Islam Berkemajuan dan Digitalisasi Dakwah," PC IMM Jakarta Timur ingin mengajak generasi muda, khususnya para aktivis dakwah, untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyebarkan nilai-nilai Islam melalui berbagai platform digital.

Dalam sambutannya, Ketua PC IMM Jakarta Timur, IMMawan Muhammad Alif Huda, S. Farm, menyampaikan bahwa dakwah di era digital memerlukan pendekatan yang adaptif dan relevan dengan perkembangan zaman. "Kami berharap, melalui workshop ini, para peserta dapat menguasai teknik-teknik dakwah digital yang efektif dan bisa menerapkannya untuk menyampaikan pesan-pesan Islam yang berkemajuan," ujar Alif Huda.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidang dakwah dan teknologi digital. Mereka membahas berbagai topik, mulai dari Esensi Dakwah, Perkembangan dan Tantangan Dakwah, Risalah Islam Berkemajuan, Naskah Dakwah dan Strategi Komunikasi,serta Literasi Dakwah Digital. Sesi diskusi interaktif juga diadakan, di mana para peserta dapat berdialog langsung dengan narasumber untuk memperdalam pemahaman mereka.

Master of Training (MoT) workshop dakwah digital, IMMawan Oky Firlana, S.Pd, menyampaikan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. "Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi kader seperti kita yang ingin belajar bagaimana cara berdakwah di era digital”.

Acara ini diakhiri dengan sesi praktik langsung, di mana peserta diajak untuk membuat konten dakwah digital sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Hasil karya peserta kemudian dibagikan di media sosial sebagai bentuk implementasi langsung dari ilmu yang telah mereka peroleh.

Workshop ini mendapat apresiasi yang dari berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat dan akademisi yang menilai bahwa kegiatan semacam ini sangat relevan dengan kebutuhan dakwah di era digital saat ini. Mereka berharap, ke depannya, lebih banyak lagi kegiatan serupa yang dapat mengedukasi dan memberdayakan generasi muda dalam berdakwah.

 

Posting Komentar

0 Komentar